Selasa, 30 Juni 2009

logam golongan IIIA, IVA dan VA

Dalam suatu perioda sifat kelogaman unsur dari kiri ke kanan semakin berkurang. Dalam suatu golongan dari atas ke bawah sifat kelogamannya semakin bertambah,maka pada golongan IIIA, IVA dan VA unsur logam berada pada bagian bawah yaitu aluminium, galium, indium dan talium untuk golongan IIIA. selenium dan plumbum untuk golongan IVA serta Bismut untuk golongan VA.
secara umum sifat kelogaman dan kereaktifan logam ini kurang dibandingkan logam alkali dan alkali tanah. Sebagian unsur ini bersifat amfoter dan kebanyakan dapat membentuk senyawa kovalen. dari senyawa unsur tersebut hanya aluminium yang termasuk periode tiga dengan bilangan oksidasi +3. unsur logam lain berada pada periode 4 (Ga) periode 5(Sn) dan periode 6 (Bi) yang disebut logam post transisi. karena terletak setelah unsur transisi. seuma logam post transisi mempunyai bilangan oksidasi dua buah. Bilangan oksidasi IIIA adalah +1 dan +3, golongan IVA adalah +2 dan +4 dan golongan VA adalah +3 dan +5. Dalam unsur post transisi ada kecendrungan bahwa bilok stabil dalam kenaikan nomor atom. contohnya: Ga 3+ lebih stabil dari Ga+
Ti 1+ lebih stabil dari Ti 3+ padahal jumlah elektron valensi Tl dan Ga sama. tetapi jari-jari Ga lebih besar dari Tl.
Jika kedua atom membentuk Ga + dan Tl+, maka elektron yang terionisasi adalah 4P1 dan 6P1.
ikatan TL-X lebih besar Ga-X di sebabkan ikatan TL-X lebih ionik. akibatnya: untuk mengionkan elektron 6s2 dari Tl lebih sulit dibandingkan 4S2 dari Ga. sehingga Tl lebih stabil dalam bilangan oksidasi rendah. sedangkan Ga lebih stabil dalam bilangan oksidasi tinggi.

Aluminium
aluminium termasuk unsur yang bayak terdapat dikerak bumi. umumnya aluminium bergabung dalam dengan silikon dan oksigen seperti dalam bentuk aluminosilikat yang terdapat dalam karang sebagai granit dan tanah liat. sayangnya belum ada cara untuk membuat aluminium dalam bentuk ini.
Aluminium dibuat dari bijih aluminium yang disebut bauksit yang mengandung Al2O3 melalui proses Hall.
Aluminium ringan dan tahan karat sehingga dipakai dalam dunia modern, seperti untuk pesawat udara, auto mobil, kaleng makanan dan minuman serta alat-alat rumah tangga lainnya.
Daya hantar aluminium cukup baik sehingga dipakai sebagai bahan kabel listrik berukuran besar. Bila dicampur dengan logam lain memberikan sifat khusus yang disebut ALNICO mengandung 50%Fe, 20%Ni, 20% Al dan 10% Co yang mempunyai sifat magnet sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar