Sabtu, 06 Juni 2009

Logam alkali tanah

LOGAM ALKALI TANAH

Unsur golongan IIA terdiri dari berilium, magnesium, kalsium, stronsium, barium dan radium. Semua logam sangat reaktif, walaupun tidak sereaktif logam golongan IA. Ia dikanal sebagai sebagai logam alkali tanah karena ia merupakan dasar dari oksida, dan karena beberapa campuran memiliki kelarutan yang rendah di dalam air. Dan untuk dijadikan defosit mineral di kerak bumi. Setiap logam alkali tanah mempunyai 2 elektron di dalam sub kulit S. hal itu terletak di luar gas mulia. Setiap pergerakan hanya 2+ bagian oksidasi di dalam campuran dan, dengan pengecualian campuran berilium dan magnesium campuran tersebut sangat ionic. Dalam logam IA mempunyai kesamaan kekuatan diantara semua anggota . Dalam grup tersebut. Tetapi diantara satu logam berat- calsium lebih kuat dari radium- mempunyai kesamaan keluar terutam sekali.

Peristiwa dan pembentukan
Diantara kalsium dan magnesium adalah sebagian terbesar unsur yang melimpah di kerak bumi., urutan ke 15 dan ke 16 diihat dari persen massa. Dia terdapat di beberapa lokasi dengan deposit mineral terbesar dalam variasi komposisi. Seperti contoh gypsum (CaSO4.2H2O), batu kapur(CaCO3), dolomite (CaCO3. MgCO3) dan karnalite (MgCl2.KCl.H2O). Di dalam air laut Ca2+ dan Mg2+ adalah kedua konstanta mayor dari beberapa ion pelarut. Dalam satu dasar mol Mg2+ terdapat sepertiga kelebihan ion di laut , dan Ca2+ keenam tempat. kalsium dan magnesium adalah logaam alkali tanah yang sebagian besar menghasilkan unsure biologi. Calsium merupakan fondasi tulang hewan, dan tulang ikan mengandung ekstrak Ca2+ dari air laut untuk pembentukan CaCO3. magnesium sangat penting bagi tumbuh-tumbuhan karena ia merupakan fondasi utama bagi molekul klorofil-yang merupakan substansi penangkapan energi matahari dan memulai rantai makanan biologi.
Sumber utama berilium adalah dalam mineral beryl, Be3Al2(SiO3)6. merupakan substansi kristal yang sangat cantik, dan mengkilat sangat cocok sebagai zamrud permata dan berwarna biru laut.
Stronsium dan barium terbentuk dari sulfat dan karbonat yang tidak dapat larut. Radium, meskipun prinsip pembentukanya dari kotoran bijih-bijih uranium- suatu mineral ekstrak uranium. Radium, dia bersifat radioaktif, dalam bentuk sebuah produk radiaktif yang dapat merusakkan unsure berat.
Untuk contoh 226Ra adalah radium isotop yang paling lama hidup dengan waktu paroh 1600 tahun. Dia mempunyai satu produk isotop dari 238 U dengan kerusakannya.
Logam dalam golongan IIA hanya berilium dan magnesium yang menghasilkan dan jumlahnya sangat signifikan. Karena dia yang merupakan logam alkali tanah yang tidak reaktif secara cepat dengan air dan menguap pada suhu ruangan.
Berilium di peroleh dengan cara elektrolisis dengan melarutkan berilium klorida. Walaupun sodium klorida diperoleh dengan melarutkan electron karena BeCl2 merupakan coopalen utama dan sangat miskin codunduktor elektrik. Selama elektrolisis, logam tak banyak yang aktif, juga menghasilkan produk katoda Cl2, ia adalah penyusun anoda.
BeCl2 (l) Be (l) + Cl2 (g)

1 komentar:

  1. thank you infonya....
    dengan info ini aku bisa ngerjain tugas Kimia aku....

    BalasHapus