Sabtu, 13 Juni 2009

IKATAN LOGAM

Model ikatan logam
Cara atom logam packing bersama di dalam sebuah kristal yang menarik, tetapi pentingnya dalam kimia anorganik, juga menyediakan dasar packing ion dalam campuran tidak ionic. Konsep packing kristal di asumsikan bola keras. Dalam sebuah kristal logam atom-atom disusun ulang sesuai aturan yang di kenal dengan sebuah kisi-kisi kristal. Dalam menyusun atom logam tentunya ada dua permasalahan geometri. Hal itu menunjukkan cara perbedaan dengan ukuran sama.
Hal itu gampang untuk gambar atom dengan susunan satu layer dan tempat berturut-turut di atasnya. Susunan sederhana yang mungkin dimana atom disusun secara berdampingan. Berturut-berturut atom di tempatkan pada layer secara langsung diatas dan di bawah layer. Hal itu dikenal dengan simple cubic packing atau primitive cubic.
Semua atom saling bersentuhan dengan empat atom lainnya di dalam tempat khusus satu atom diatasnya dan satu di bawah. Secara total enam atom brdampingan sehingga atom tersebut memiliki bilangan koordinasi enam.
Susunan simple kubik tidak bisa sangat rapat dan diketahui hanya untuk struktur logam polonium. Walaupun kita telah melihat dia merupakan campura ionic. Salah satu alternative susunan packing cubik menunujkan tempat kedua pada layer atom-atom yang berada di atas hole pada layer pertama. Layer ketiga dia atas hole layer kedua. Walaupun tidak ada diatas layer pertama susunan lebih padat itu dikenal dengan body centered cubic. Setiap berdampingan dengan empat atom diatas maka body centered cubic disimpulkan memiliki bilangn koordinasi delapan.
Dua kemungkinan dasar susunan heksagonal untuk setiap layer. Setiap atom dikelilingi enam secara bersama-sama di dalam tempat. Susunan heksagonal hole terletak antara atom terluar di dalam susnan kubic. Ketika layer heksagonal berada diatas layer pertama secara fisika tidak mungkin semua atom-atom berada diatas hole layer pertama. Susunan heksagonal close pocked (hcp). Layer keempat sangat tidak mungkin diatas layer kedua.
Salah satu alternative susunan heksagonal meliputi penempatan layer ketiga di atas hole layer pertama dan kedua. Layer keempat merpakan pengulangan penyusunan dari layer pertama. Ini di kenal dengan Cubic Close Packed (CCP) atau face centered cubic (fcc). Kedua susunan packing heksagonal memiliki bilangan koordinasi dua belas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar